Langsung ke konten utama

PENJELASAN UNIT MASUKAN (INPUT DEVICE)

PENGERTIAN UNIT MASUKAN (INPUT DEVICE)

Input komputer atau input device merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan suatu data dan perintah kedalam suatu sistem komputer. Input Device adalah bagian terpenting yang digunakan untuk memasukan data ke komputer kamu. hanya melalui input device kita bisa memasukkan perintah ke komputer.

FUNGSI UNIT MASUKAN (INPUT DEVICE)

Input device berfungsi untuk memasukkan perintah dari pengguna komputer baik berupa perintah teks, gambar, maupun suara yang nantinya akan diolah kembali oleh perangkat processing untuk di tampilkan oleh perangkat penampil atau output device.

Berikut merupakan macam-macam input device.

A. Keyboard Komputer

Keyboard Komputer adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol huruf, angka dan simbol. Dalam Bahasa Indonesia, keyboard disebut juga papan tombol jari atau papan tuts.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.

Macam Macam Jenis Keyboard Komputer.

1. Qwerty

Qwerty di rancang sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering di tekan, letaknya terpisah sejauh mungkin sehingga dapat meminimalkan kemacetan pada saat pengetikan di lakukan. Namun walaupun keyboard Qwerty di desain sedemikian rupa, dalam praktek penggunaanya masih di temukan beberapa kelemahan.
Sebagai contoh yang paling nyata dari ketidak efisienan jenis keyboard Qwerty adalah pengetikan huruf “a” yang mana tombol tersebut sangat sering digunakan namun harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.
Jenis keyboard Qwery pertama kali di buat oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878 yang pada saat itu di jadikan sebagai standar mesin tik komersial tepatnya pada tahun 1905. Keyboard jenis Qwerty sampai saat ini merupakan keyboard yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia.
Qwerty di rancang sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering di tekan, letaknya terpisah sejauh mungkin sehingga dapat meminimalkan kemacetan pada saat pengetikan di lakukan. Namun walaupun keyboard Qwerty di desain sedemikian rupa, dalam praktek penggunaanya masih di temukan beberapa kelemahan.

Sebagai contoh yang paling nyata dari ketidak efisienan jenis keyboard Qwerty adalah pengetikan huruf “a” yang mana tombol tersebut sangat sering digunakan namun harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.

2. KLOCKENBERG

Diciptakannya jenis keyboard KLOCKENBERG adalah untuk menyempurnakan keyboard yang telah ada yaitu dengan memisahkan keyboard menjadi dua bagian terpisah yaitu bagian kiri dan kanan.
Kedua bagian baik itu kanan dan kiri di pisahkan dengan sudut 15 derajat dengan mengarah miring ke bawah. Tombol KLOCKENBERG di buat lebih tipis dan dekat dengan meja kerja untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.
Tata letak KLOCKENBERG sendiri dirancang untuk mengurangi beban otot pada jari pengguna serta tangan dan bahu. Dari segi desain terlihat jelas dengan memisahkan keyboard menjadi dua bagian membut letaknya lebih memakan ruang.

3. DVORAK

Jenis keyboard DVORAK di buat pada tahun 1932 yang di rancang sedemikian rupa agar tangan kanan di bebani lebih banyak pekerjaan di banding dengan tangan kiri. Dari hasil uji coba yang dilakukan DVORAK mempunyai hasil yang lebih efisien antara 10-15% di banding dengan keyboard QWERTY.

4. Maltron

Berbeda dengan keyboard pada umumnya, Maltron dibuat sedikit agak berbentuk cekung ke dalam agar jari-jari pengguna tidak tidak dalam posisi membentuk satu garis lurus.
Dengan menggunakan keyboard jenis ini, pembuat keyboard Maltron menjamin akan memberikan kenyamanan pada jari tangan pengguna saat mengetik, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya RSI (Repetitive Stress Injuries) pada pengguna.
Selain itu keyboard ini juga di klaim mampu meningkatkan kecepatan ketika mengetik karena penggunaan 10 jari dapat di optimalkan dengan baik.

5. Chord

Nah, kalau jenis keyboard Chord sendiri hanya memiliki beberapa tombol yaitu antara 4 sampai 5 saja. Jika anda bermaksud memasukkan suatu huruf maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan.
Dari segi ukuran Chord terlihat lebih kompak dan sangat cocok jika di gunakan untuk aplikasi yang portable. Dari sisi kecepatan Chord memang bisa di unggulkan karena memiliki kecepatan tinggi, namun masih kurang popular karena pada penggunaan yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan pengguna.

6. Alphabetic

Jika di perhatikan dari penyusunan tombol Alphabetic, keyboard ini di susun menyerupai susunan QWERTY ataupun DVORAK, namun susunan hurufnya terlihat jelas tersusun seperti urutan alphabet.
Jenis keyboard ini sering di temui pada mainan anak-anak untuk memudahkan mereka lebih mengenal huruf alphabet.
Dari hasil uji coba yang dilakukan susunan Alphabet tidak memberikan sebuah kecepatan dalam hal pengetikan, melainkan yang terjadi adalah memperlambat kecepatan pada saat mengetik.

B. Mouse

Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.
Macam-macam mouse:
1. Mechanical Mouse
2. Optomechanical mouse
3. Optical mouse
4. Bus mouse
5. Serial mouse
6. Ps/2 mouse
7. USB mouse
8. Wireless mouse

C. Touchpad

Touchpad adalah sebuah perangkat keras yang masuk dalam kategori perangkat input, Touchpad terdiri dari papan dengan permukaan yang dilapisi dengan sensor khusus yang mampu untuk mendeteksi gerakan jari, gerakan jari ini nantinya akan direkam oleh sensor pada Touchpad untuk di terjemahkan menjadi bahasa perintah khusus untuk menjalankan fungsi yang menjalankan pointer pada layar komputer atau laptop. Touchpad secara fungsi digunakan untuk menggantikan fungsi mouse yang membutuhkan space atau ruang gerak yang kecil, khusus untuk anda yang memiliki ruang gerak sedikit.
pengertian Touchpad adalah
Touchpad memberikan bantuan secara khusus bagi pengguna komputer yang menggunakan fungsi mouse secara berlebihan. Karena Touchpad memiliki ruang atau papan yang tergolong cocok untuk gerakan jari, maka kadang orang yang terbiasa menggunakan Touchpad akan kesulitan untuk menggunakan mouse, demikian juga sebaliknya, orang atau pengguna komputer yang terbiasa menggunakan mouse maka ketika pertama kali menggunakan Touchpad akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah mengetahui pengertian Touchpad, berikut di bawah ini adalah fungsi dari Touchpad.

Fungsi Touchpad

Jika berbicara mengenai fungsi dari Touchpad sendiri tidak akan terlepas dari yang namanya mouse, karena fungsi dari Touchpad sama dengan mouse yaitu untuk mengendalikan pointer yang tampil di layar monitor, namun kemunculan dari Touchpad tidak terlepas dari ide luar biasa untuk menciptakan komputer portable yang bisa di bawa berpindah tempat, apalagi saat ini komputer tergolong barang yang besar dan memiliki bobot yang cukup berat jika di bandingkan dengan komputer jaman
sekarang.

D. LIGHT PEN

Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer. Anda bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar. Perangkat keras ini juga berfungsi atau pengganti dari keyboard dan mouse komputer.

Light Pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia.

FUNGSI LIGHT PEN

Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

E. JOYSTICK

Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

FUNGSI JOYSTICK

Sesuai dengan pengertiannya untuk masalah fungsi joystick ternyata ada beberapa macam, yaitu :
Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Untuk megontrol permainan video.
Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.
Pengertian Barcode
Pengertian Barcode dapat diartikan sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing-masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kodenya. Barcode pertama kalinya diperkenalkan dan dipatenkan di Amerika oleh Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver mahasiswa Drexel Institute of Technology pada akhir 40-an. Implementasi Barcode dimungkinkan atas kerja keras dua orang insinyur yaitu Raymond Alexander dan Frank Stietz. Sampai akhirnya pada tahun 1966 Barcode digunakan untuk kepentingan komersial meskipun belum terlalu dirasakan keberhasilannya sampai tahun 80-an.
Barcode adalah informasi terbacakan mesin ( machine readable ) dalam format visual yang tercetak. Barcode dibaca dengan menggunakan sebuah alat baca barcode atau lebih dikenal dengan Barcode Scanner. Merk Barcode Scanner yang terkenal diantaranya DATALOGIC PSC,HHP, CHIPERLAB, ZEBEX, dan lain-lain. Seiring semakin bertambahnya penggunaan barcode, kini barcode tidak hanya bisa mewakili karakter angka saja tapi sudah meliputi seluruh kode ASCII. Kebutuhan akan kombinasi kode yang lebih rumit itulah yang kemudian melahirkan inovasi baru berupa kode matriks dua dimensi (2D barcodes) yang berupa kombinasi kode matriks bujur sangkar. 2D Barcode ini diantaranya adalah PDF Code, QRCode, Matrix Code dan lain-lain. Dengan menggunakan 2D code karakter yang bisa kita masukkan ke Barcode bisa semakin banyak, dengan 1D Barcode biasanya kita hanya memasukkan kode 5-20 digit tetapi dengan 2D Barcode kita bisa memasukkan sampai ratusan digit kode.

F. Barcode

Bermacam macam jenis barcode
Barcode yang kita kenal dan yang paling gampang kita ketahui manfaatnya yaitu kalau kita belanja di supermarket atau swalayan. Kita dapat melihat manfaat dari Barcode dapat meningkatkan kecepatan dalam melayanai pelanggan dan meningkatkan akurasi data produk yang di input oleh kasir. Di Indonesia sendiri organisasi yang mengelola dan mengatur penggunaan Barcode adalah GS1. Dengan mendaftarkan kode barcode perusahaan ke GS1 maka perusahaan tersebut akan mendapatkan kode barcode khusus yang tidak akan bisa diduplikasi oleh perusahaan lain. Simbologi yang dipakai di GS1 adalah EAN atau Europe Article Number yang terdiri dari 13 atau 8 digit. Informasi lebih lanjut mengenai GS1 bisa dilihat di situsnya www.GS1.com.

Penggunaan Barcode sangat dirasakan manfaatnya mulai dari kebutuhan Retail, Industri, Farmasi, Bidang Kesehatan, dan bahkan di instasi pemerintahan seperti PLN, dimana untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan mulai menggunakan Barcode System. Saya sendiri pernah membuat dan mengaplikasikan program Catat Meter Pelanggan dengan Barcode System di beberapa APJ (Area Pelayanan Jaringan ) seperti PLN APJ Bekasi, PLN APJ Purwakarta dan Plered, PLN UPJ Bandung Utara, PLN APJ Surabaya Barat, PLN Cabang Banyuwangi, PLN Cabang Sulawesi Selatan dan Kendari.Memang setelah menggunakan Barcode System ada peningkatan yang signifikan terhadap kualitas dan akurasi pencatatan meter pelanggan dibandingkan dengan sistem manual.Selain di PLN, saya pernah membuat aplikasi Barcode System mulai dari Inventory Control, Fixed Asset , Sistem Absensi, Security System, Starter Pack Mobile-8 Label, Retail POS, Event Organizer dan lain-lain.

Fungsi Barcode

Barcode berfungsi untuk mengidentifikasi atau mengelompokan barang, jika barcode digunakan di pabrik berfungsi untuk mempermudah penyimpanan dan penjualan produk, data yang di dapat juga akan lebih cepat dan akurat.
Barcode berfungsi untuk mempermudah mengecek harga barang, biasanya yang sering kita lihat di kasir swalayan, dengan barcode kasir tinggal scann barcode dan harga akan muncul di layar komputer.
Barcode berfungsi untuk mengidentifikasi asal barang, di dalam barcode terdapat informasi asal negara, perusahaan yang memproduksi barang tersebut.
Barcode berfungsi untuk mempercepat saat pengecekan barang, sehingga perusahaan dapat mengetahui dengan cepat informasi barang yang terjual.
Barcode berfungsi untuk menghindari kesalahan ketika input barang, dulu sebelum ada barcode untuk input barang dilakukan dengan cara mengetik harga barang, jenis barang dan jumlah barang, hal ini bisa saja petugas salah saat menginput barang namun dengan adanya teknologi barcode hal itu dapat di hindari.

G. Kamera Digital (Kamera Komputer)

Fotografi bisa disebut sebagai proses menciptakan diam atau gambar bergerak dengan metode menangkap data langsung dengan mengamati radiasi dan menyimpannya pada media sensitif seperti film yang elektromagnetik atau sensor elektronik.

Pola cahaya yang dipancarkan diperoleh dalam film fotografi mengaktifkan sensor kimia atau listrik dalam bahan penyimpanan. Hal ini biasanya dilakukan melalui sebuah lensa kamera yang sangat sensitif.

Fungsi kamera adalah gambar perangkat membentuk. Sensor gambar elektronik atau film fotografi adalah media perekam. Saat ini kamera digital juga tersedia yang memiliki media elektronik sebagai media penyimpanan. Prinsip dasar dari kamera adalah bahwa, ia mengendalikan jumlah cahaya dan waktu bukaan kamera ke dunia luar dengan menggunakan lensa . Ketika ada cahaya yang cukup , maka kita dapat membentuk sebuah gambar pada film . Ini gambar mentah kemudian dapat dikembangkan untuk mendapatkan waktu gambar asli nyata .
Kamera film adalah jenis lain dari kamera di mana total gerakan yang ditangkap dan tidak hanya diam. Ide dasar di balik kamera film adalah bahwa data ditangkap dalam urutan foto tanpa penundaan antara mereka . Ini membentuk bingkai bergerak yang sering diambil dengan suara.

H. Mikrofon dan Headphone

Mikrofon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa keyboard dikatakan sebagai sumber penyakit?

Para peneliti telah melakukan penelitian dengan mengusap keyboard komputer atau laptop dan mencari tahu seberapa banyak banyak bakteri yang menempel di sana. Mengejutkan, ada ribuan bakteri yang ternyata bersarang di keyboard. Tak hanya di keyboard, beberapa bakteri dan kuman juga senantiasa bersarang di mouse serta ponsel juga aksesorisnya seperti headphone dan charge.

Karena mengandung banyak bakteri dan kuman yang bersarang di keyboard sementara ia tak terlihat secara kasat mata, para ahli mengungkapkan bahwa keberadaan bakteri ini bisa menyebabkan sakit saat musim hujan tiba. Sakit yang bisa menyerang antara lain adalah flu, batuk, radang tenggorokan, pusing hingga vertigo.

Tak hanya itu saja, lebih mengerikan lagi, beberapa orang mengalami radiasi karena ia memiliki keyboard yang sangat kotor di tempat kerja. Karena radiasi ini, ia pun tidak jarang akan menurunkan kekebalan tubuhnya dan membuatnya sangat berisiko menderita berbagai penyakit serius. Bagaimana bisa keyboard menjadi tempat yang dikatakan sangat kotor dan tempat terbaik buat kuman serta bakteri bersarang?

Jawabannya adalah, keyboard adalah benda yang digunakan untuk mengetik setiap hari. Karena digunakan untuk mengetik, dipastikan bahwa jari-jari tangan menyentuh keyboard setiap harinya. Sementara itu, kita tak pernah tahu bahwa ada banyak kuman dan bakteri yang menempel di jari. Juga, ketika jika kita punya kebiasaan makan dan minum serta ngemil lantas sering kali melupakan aktivitas cuci tangan. Tanpa kita sadari, hal-hal yang sangat sederhana tersebut justru bisa membuat kuman dan bakteri senantiasa bersarang di keyboard dan berdampak buruk bagi kesehatan. Tidak sedikit pula sisa makanan yang akhirnya terjebak di dalam keyboard dan menyebabkan keyboard menjadi sangat kotor.

Komentar