A. PROSEDUR BAKU MENGHIDUPKAN KOMPUTER DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
• Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer.
• Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
a) Menghidupkan Komputer
Untuk menghidupkan komputer, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
• Tekan tombol Power atau tombol On pada komputer.
• Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan menjalankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer. Jika pada komputer telah terpasang sistem operasi seperti Microsoft Window atau Linux maka selanjutnya komputer akan menjalankan prosedur untuk membuka sistem operasi yang terpasang pada komputer tersebut.
• Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem. Jika komputer yang kamu gunakan berada dalam suatu jaringan dan mengharuskan kamu melakukan Log in, gunakan username dan password yang telah diberikan.
b) Mematikan Komputer
Setelah kamu selesai menggunakan komputer, sebaiknya tidak langsung mematikan tombol Power langsung, karena akan menyebabkan kerusakan dalam komputer. Cara mematikan komputer berbeda-beda tergantung dari Sistem Operasi yang digunakan. Jika Sistem Operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
• Pilih Tombol Start pada taskbar
• Tekan Tombol Turn Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer.
a) Stand By
Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power. Keadaan seperti ini membuat komputer dalam keadaan tidur atau komputer sebenarnya tidak mati. Dengan pilihan komputer akan mengkonsumsi tenaga listrik yang rendah.
d)Turn Off
Pilihan digunakan untuk mematikan komputer. Dengan pilihan ini perubahan konfigurasi (setting) Windows XP akan tersimpan terlebih dahulu.
e) Restart
Pilihan ini digunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi. Sebelum memulai kembali, perubahan konfigurasi (setting) Windows XP yang telah dilakukan akan disimpan terlebih dahulu.
B. MACAM-MACAM PERANGKAT LUNAK
a) Sistem Operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur semua sumber daya dalam komputer (hardware dan software) agar dapat bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh penggunanya.
b) Program Aplikasi
1. Microsoft Word
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik, dan berbagai alasan lainnya.
Kegunaan Microsoft Word di antaranya adalah digunakan untuk keperluan berikut:
a) Mengetik berbagai jenis surat, makalah, dan proposal.
b) Membuat jadwal pelajaran atau jadwal kegiatan.
c) Membuat daftar belanjaan.
d) Membuat tabel, grafik, diagram, dan gambar.
2. Wordpad
Wordpad juga merupakan program aplikasi pengolah kata. Fasilitas pengolah kata yang tersedia pada Wordpad lebih sederhana dari Microsoft Word.
Beberapa kegunaan Wordpad adalah untuk keperluan berikut:
a) Membuat catatan sederhana yang akan disimpan dalam file.
b) Membuat artikel (bergambar atau tidak).
c) Membuat cerita sederhana.
3. Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja (spreadsheet) yang berfungsi sebagai pengolah angka. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Microsoft Excel banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data.
Kegunaan dari Microsoft Excel adalah untuk keperluan berikut:
a) Membuat rencana anggaran biaya.
b) Membuat laporan keuangan.
c) Mengolah sekumpulan data, seperti mencari rata-ratanya, jumlahnya, dan sebagainya.
d) Menampilkan data dalam bentuk diagram atau grafik.
4. Calculator
Program aplikasi pengolah angka yang lainnya adalah Calculator. Program aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan kalkulator biasa, yaitu untuk melakukan perhitungan angka-angka, seperti menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, menarik akar pangkat dua, dan sebagainya.
5. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah program aplikasi yang digunakan untuk keperluan pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.
Adobe Photoshop memiliki banyak kegunaan, terutama dalam hal pengolahan atau pengeditan gambar, di antaranya adalah sebagai berikut:
a) Mencerahkan warna gambar.
b) Memberi teks pada gambar.
c) Mengubah ukuran, resolusi, dan tipe warna (RGB, CMYK, grayscale) gambar.
d) Merotasi gambar untuk mengatur tampilan (landscape atau portrait).
e) Memotong gambar dalam berbagai bentuk.
f) Menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar.
6. Paint
Paint adalah program aplikasi yang digunakan untuk keperluan membuat atau mengedit gambar. Paint merupakan program aplikasi pengolah gambar yang sederhana. Biasanya, gambar yang dihasilkan berupa gambar kartun.
Kegunaan dari program aplikasi Paint di antaranya adalah untuk keperluan berikut ini:
a) Membuat gambar karikatur dan sejenisnya.
b) Membuat kartu undangan ulang tahun, kartu ucapan, dan sejenisnya.
c) Mewarnai gambar agar terlihat lebih indah dan menarik.
7. Corel Draw
Corel Draw merupakan program aplikasi pengolah grafis yang lebih canggih dari Paint. Corel Draw juga sering digunakan untuk membuat gambar. Gambar yang dihasilkan lebih bagus, bahkan dapat menghasilkan bentuk tiga dimensi yang menyerupai aslinya.
Kegunaan program aplikasi Corel Draw, di antaranya adalah untuk keperluan berikut ini:
a) Membuat gambar sederhana dan kompleks.
b) Mewarnai gambar dengan berbagai jenis efek pewarnaan.
c) Membuat huruf hias.
d) Membuat kartu ucapan, undangan, dan kartu nama.
e) Mendesain tampilan untuk buku.
8. Microsoft Power Point
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profesional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan.
Adapun kegunaan dari Microsoft Power Point adalah untuk keperluan berikut ini:
1. Membuat file untuk presentasi dalam suatu kegiatan, misalnya seminar, talkshow, dan pelatihan agar mudah ditampilkan di layar.
2. Membuat slide dan outline presentasi.
Menampilkan slide yang dinamis, termasuk gambar yang menarik.
9. Winamp
Winamp merupakan program aplikasi multimedia yang dapat digunakan untuk memutar atau mendengarkan file musik. Kamu dapat mendengarkan lagu yang kamu sukai dari komputer dengan memainkannya di Winamp. Tetapi, komputermu harus memiliki speaker agar lagu tersebut dapat didengar.
Sesuai dengan perkembangannya, tampilan Winamp menjadi makin menarik. Selain itu, fungsinya juga makin canggih. Selain untuk mendengarkan lagu, Winamp juga dapat memainkan file video.
10. Windows Media Player
Windows Media Player adalah program aplikasi multimedia pemutar musik dan video. Jika kamu ingin menonton film dari CD di komputermu, maka kamu dapat menggunakan program aplikasi Windows Media Player untuk memutarnya.
11. Power DVD
Power DVD adalah software untuk memainkan film yang termuat dalam CD atau DVD. Power DVD sebagai program aplikasi multimedia di komputer sangat memudahkan karena memiliki fasilitas zoom, full screen, dan sebagainya. Fasilitas ini membuat Power DVD sangat menarik dibandingkan dengan program aplikasi multimedia yang lainnya. Panel kontrol dari Power DVD juga sudah ditampilkan seluruhnya dengan Icon yang dibuat seperti pada CD player.
c) Program Bantu (Ultility)
Program bantu (Ultility) adalah software yang dirancang untuk membantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer, misalnya, memformat disket, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh :
• Norton Utility (Norton commander, Norton disk doctor): untuk mengelola file • WinZip: untuk mengkompres file
• Norton Ghost: untuk membackup hard disk
• Anti Virus: untuk keamanan komputer terhadap serangan virus.
d) Program Paket
Program Paket (Perangkat Lunak Aplikasi) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian,
perangkat lunak dapat digolongkan pada perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain public, shareware, freeware, dan rentalware.
a. Perangkat lunak komersial
Perangkat lunak harus dibeli. Ada hak ciptanya.
b. Perangkat Lunak domain-public
Perangkat lunak ini bersifat gratis dan tidak ada hak cipta.
c. Shareware
Perangkat lunak ini bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terusmenerus. Seringkali ada hak cipta, tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.
d. Freeware
Perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis atau cuma-cuma.
e. Free Software
Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemaka Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah.
f. Open Source
Serupa dengan free software, hanya berbeda dalam filosofinya. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org yang menggabungkan suatu
aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasiaplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain, sehingga menguntungkan pengguna.
Contohnya, suatu lembar kerja dapat dimasukkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
e) Perangkat Lunak Game
Anda suka main game di komputer? Game juga termasuk dari macam-macam perangkat lunak komputer yang sedang kita pelajari. Merupakan bagian dari jenis perangkat multimedia yang berfungsi untuk entertaiment. Membuang kejenuhan disaat lelah bekerja.
f) Program Multimedia
1. Media Player
Media player merupakan sejenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah informasi dalam bentuk audio atau video. Beberapa aplikasi media player biasanya sudah dapat memutar informasi baik video maupun audio. Beberapa software media player antara lain adalah:
Windows Media Player: Software ini diproduksi oleh Microsot dan merupakan satu paket dalam Microsoft Windows
Winamp: Software ini bersifat freeware / komersil dan diproduksi oleh Nullsoft. Inc
Power DVD: software ini diproduksi oleh Cyberlink
DivX Player: software ini bersifat freeware dan diproduksi oleh DivXNetwork Inc
XMMS: software audio ini bersifat open source dan berada di naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)
Perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk menggambar dan mengedit image atau foto. Saat ini sudah banyak software software image editor yang bermunculan. Dari yang memiliki fungsi editing sederhana hingga fitur yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh sebuah image editor yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa contoh software image editor antara lain adalah:
2. Adobe Photoshop
Software ini merupakan pengolah gambar dan foto yang cukup populer saat ini. Adobe photoshop dibekali dengan berbagai macam fitur yang lengkap sehingga membuatnya sebagai salah satu software multimedia terbaik. Software ini dibekali dnegan basis bitmap yang merupakan kumpulan titik titik dengan kerapatan tertentu yang dikenal dengan nama pixel. Photoshop sering digunakan para fotografer dan beberapa perusahaan untuk mengedit hasil gambar dan foto dengan berbagai macam tambahan efek didalamnya.
3. CorelDraw
Salah satu software multimedia ini juga tergolong populer dan seringkali digunakan. CorelDraw diluncurkan oleh Corel Coorporation yang merupakan program dengan basis vektor. Salah satu ciri khas dari program berbasis vektor adalah objek yang dihasilkan dari program tersebut akan relatif sama meskipun mengalami perbesaran hingga beberapa kali. CorelDraw juga sangat unggul sebagai software yang dapat mengolah gambar yang akan dijadikan logo, simbol, dan masih banyak lainnya.
4. GIMP
Software ini merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh GNU (General Public License). Software ini dapat dioperasikan di beberapa sistem operasi baik sistem Linux maupun Windows. Fitur-fitur yang dimiliki dalam aplikasi ini antara lain adalah format image, penampil gambar, penyunting foto otomatis, area kerja yang dapat anda warnai, dan masih banyak lainnya. Anda juga dapat membuka format file photoshop ke dalam GIMP
5. Audio/Video Editor
Jenis perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengedit dan membuat media dalam bentuk video dan audio. Prose pengeditan video dan audio biasanya berupa konversi format, manipulasi kualitas,dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa software editing video dan audio saat ini
Adobe Premiere Pro: Software multimedia ini dapat mengedit video dengan format dan kualitas yang tinggi. Bersifat komersial dan diproduksi langsung oleh Adobe System
Windows Movier Maker: Software yang satu ini merupakan aplikasi yang sudah disematkan pada sistem operasi Windows. Movie marker dapat membuat sebuah project video dengan mudah. Selain itu, anda juga dapat menambahkan efek transisi, gambar, mengatur durasi video dan lain lain.
Audacity: Audacity merupakan software yang khusus untuk menangani masalah audio. Software ini memiliki kegunaan untuk mengolah, memotong, memperbanyak, dan menyatukan berbagai jenis file audio. Selain itu, software ini juga dapat digunakan untuk merekam suara, memberi efek suara dan masih banyak kegunaan lainnya. Audacity sangat dikenal karena keunggulan yang kecil dan cepat serta untuk menggunakan software ini tidak perlu menggunakan spesifikasi yang khusus. Software pengolah suara ini juga dibekali dengan berbagai macam fitur sehingga membuat banyak pengguna tertarik untuk menggunakannya. Tidak salah jika Audacity muncul sebagai aplikasi audio terbaik.
6. Graphic/ Image Viewer
Perangkat lunak ini digunakan untuk melihat (view) gambar secara terorganisasi dalam sebuah direktori. Saat ini sudah banyak format image yang dapat didukung oleh aplikasi image viewer seperti bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain.
7. Animasi
Jenis software yang satu ini memang dikhususkan untuk membuat mengedit dalam bentuk animasi. Animasi merupakan gambar bergerak ataupun video yang digabungkan dengan konten gambar yang fiktif.
C. PERANGKAT KERAS KOMPUTER
a) Unit Masukan ( Input Device)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, hardisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu:
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.
b) Process Device (Unit pemerosesan)
Process device adalah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data yang dimasukkan melalui input device kemudian di keluarkan melalui output device dalam bentuk informasi sehingga akan diterima oleh brainware.
Pada CPU, terdapat 4 komponen utama yang saling bekerja sama sehingga dapat membentuk suatu init pemroses dan pengolahan, yaitu sebagai berikut:
1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Arithmetic and Logic Unit atau sering disingkat ALU saja dalam bahasa Indonesia berarti Unit Aritmatika dan Logika. ALU memiliki tugas utama untuk membentuk berbagai fungsi pengolahan data komputer. Sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasa mesin.
ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu
arithmetic unit (unit aritmatika), bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan
boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani berbagai operasi logika.
2. Control Unit
Control Unit atau Unit Kendali, mempunyai tugas utama untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing. Di samping itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
3. Registers
Registers (jamak, dalam bahasa Indonesia menjadi register-register atau banyak register) merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat pengolahan data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer masih hidup, ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi berada di dalam registers, dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang berada di dalamnya akan hilang.
4. CPU Interconections
CPU Interconnections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU dengan bus-bus eksternal CPU.
a. Komponen internal CPU diantaranya:
Arithmetic and Logic Unit (ALU),
Control Unit,
Registers, dan
CPU Interconnection.
b. komponen eksternal CPU diantaranya:
sistem memori utama,
sistem masukan/keluaran (input/output),
dan sistem-sistem lainnya.
Perangkat keras komputer yang termasuk sebagai proses device (unit pemrosesan) antara lain:
1. Random Access Memory (RAM)
2. VGA (Video Graphics Array/Accelerator) Card
3. Motherboard
4. Power Supply
5. Processor
6. I/O Card
c) Output Device (Unit Keluar)
Menurut para ahli, output device adalah seperangkat alat yang memiliki fungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh CPU komputer. Hasil pengolahan data tersebut bisa ditampilkan secara digital (softcopy) atau cetak (hardcopy) tergantung dari jenis output device komputer yang digunakan. Contoh output device komputer dan fungsinya secara terperinci akan dijelaskan melalui ulasan di bawah ini.
1. Speaker
Speaker memiliki fungsi sebagai perangkat keluaran untuk suara. Pada dasarnya speaker yang ada di dalam komputer tidak ada bedanya dengan komputer yang ada di perangkat audio yang lain. Namun, speaker yang ada di dalam komputer memiliki ukuran yang lebih minimalis supaya output device ini tidak menghabiskan banyak ruang atau merepotkan pengguna komputer. Sehingga, speaker komputer sering ditanamkan di dalam CPU komputer.
2. Monitor
Monitor adalah perangkat keluaran komputer dengan fungsi menampilkan hasil pengolahan data komputer secara digital. Hasil pengolahan data komputer yang ditampilkan melalui monitor bisa berupa gambar, video, kata, dan angka. Sehingga, monitor kerap disebut sebagai visual display unit atau computer display.
3. Printer
Printer merupakan output device yang memiliki fungsi untuk menampilkan data dengan bentuk cetak atau hardfile. Data yang bisa dihasilkan oleh printer meliputi data berupa gambar, kata, dan angka. Output device ini memerlukan kertas dan tinta untuk menampilkan hasil pengolahan data tersebut.
4. Plotter
Plotter adalah output device pada komputer dengan prinsip kerja yang sama dengan printer. Hanya saja plotter digunakan untuk mencetak di kertas dengan ukuran yang besar, seperti kertas A0 atau A3. Plotter biasanya ditemukan di tempat fotokopi atau percetakan. Plotter digunakan untuk mencetak poster atau peta. Namun, gambar tersebut harus memiliki resolusi tinggi.
5. Scanner
Meskipun sudah sedikit di singgung di atas, pada awalnya scanner merupakan alat tersendiri. Termasuk Output Device komputer yang memiliki fungsi sebagai pengubah atau konverter yaitu mengubah file fisik menjadi sebuah file digital. Scanner umumnya memiliki ukuran sama seperti printer yaitu antara A4, F4, Folio dan sejenisnya yang banyak digunakan.
Keunggulan scanner dibanding dengan printer scanner dalam hal resolusi dan kecepatan scan. Alat ini lebih cepat dan resolusinya lebih bagus karena memang didesain secara khusus hanya berfungsi sebagai scanner saja. Namun pamor alat ini sedikit mencitu sejak adanya printer scanner dan juga aplikasi yang membuat smartphone bisa digunakan sebagai alat scan yang handal.
d) Backing Storage (Unit Penyimpanan)
Backing Storage ( unit penyimpanan )
Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Dapat juga dikatakan sebagai Electronic Filing Cabinet pada sistem komputer.Penyimpanan cadangan merupakan penyimpanan semua informasi non aktif didalam computer. Ada dua jenis utama alat penyimpanan cadangan yaitu: Serial Accsess, contohnya tape drive, dan Direct Access, contohnya disk magnetis, yaitu harddisk, floppy disk (diskette) yang ini sudah jarang sekali dipakai saat ini, CD/DVD ROM, Tape Drive, Magnetic Tape.
a. Hardisk
Harddisk banyak menangani program dan menyimoan data di komputer. Untuk alasan ini hardisk memiliki kapasitas simpan yang besar. Kapasitas Hardisk diukur dalam satuan gigabyte.
b. Floppy Disk
Floppy Disk lebih dikenal dengan nama disket yang merupakan alat penyimpanan data dan menangani data 1,44 Megabyte.dan untuk saat ini sudah tidak banyak yang memakainya,dikarenakan cuma dapat menyimpan data sangat sedikit.
c. CD/DVD ROM
Kebanyakan software yang ada sekarang ini berada dalam CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory). Hal ini karena CD dapat menangani data lebih banyak, sampai 700 MB. dan untuk dvd bisa menyimpan data sampai 4,7GB.
e) Periferal (Unit Tambahan)
Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal. Peripheral terbagi menjadi 2 macam berdasarkan fungsi peripheral komputer tersebut, yaitu:
Peripheral utama, yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita megoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utama, contohnya: mouse, keyboard dan monitor.
Peripheral Pendukung, yaitu perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer, sehingga peripheral ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kerja komputer, contohnya: printer, scaner, modem, dan lain-lain.
Setiap perpheral mempunyai peran dan fungsi masing-masing sehingga saling membantu sama lain. Dari macam peripheral diatas dapat digaris bawahi bahwa setiap peripheral saling mendukung kerja satu sama lain antara komponen peripheral utama maupun komponen peripheral pendukung. sebagai contoh untuk melakukan perintah print pada printer maka diperlukan keyboard atau mouse untuk memasukan intruksi agar komputer dapat melakukan perintah print.
Komentar
Posting Komentar